5 Tanda, Kenapa Blog Anda Disukai Visitor?

5 Tanda, Kenapa Blog Anda Disukai Visitor

5 Tanda, Kenapa Blog Anda Disukai Visitor? - Vihamvine - Sebagai seorang #blogger alasan pertama yang diharapkan dalam membangun sebuah blog adalah bagaimana caranya agar blog yang kita kelola bisa disukai dan disenangi banyak orang. Mengapa hal itu bisa terjadi? Ya, tentu saja sudah pasti terjadi. Karena dengan banyaknya peminat dan pelanggan setia dalam membaca artikel blog kita, sudah pasti potensi dalam monetisasi blog akan lebih mudah cepat dan harapan kita untuk kedepan sudah pasti cerah. Pertanyaannya, bagaimana ya, kita bisa tau kalau blog kita disukai dan digemari oleh netizen? Nah, berikut ini adalah 5 tanda-tanda atau ciri-ciri bahwa blog yang kita miliki di gemari oleh banyak orang.

5 Tanda, Kenapa Blog Anda Disukai Visitor?


1. Return Visitor

Return Visitor adalah tanda pertama yang membuat bahwa blog Anda disenangi banyak orang, Apa itu return visitor? Return Visitor adalah Kunjungan dari pengunjung blog yang membuka atau melakukakan kunjungan kembali ke suatu blog. Bisa di katakan sebagai contoh, Anda pergi ke sebuah toko dan esok harinya Anda datang lagi ke toko tersebut dan sampai seterusnya.

Pertanyaan, bagaimana cara untuk mengetahui adanya return visitor? Caranya cukup mudah, dengan menginstall Google Analytics pada blog Anda. Dengan adanya Google Analytics ini, sobat bisa lebih gampang untuk mengetahui adanya indikasi return visitor. Lebih tepatnya menu ini ada dibagian Audience Overview.

2. Komentar

Berikutnya, tanda atau ciri tersendiri bahwa blog Anda disukai dan digemari banyak orang yaitu munculnya banyak komentar pada blog tersebut. Dengan adanya beberapa komentar pada setiap konten blog, maka akan semakin baik pula tanggapan visitor untuk selalu mengunjungi blog Anda. Apalagi kalau komentar tersebut relavan dengan isi konten blog, tidak hanya komentar-komentar "Abal-abal" misalnya seperti, Penjual Kosmetik dan Alat-alat bantu *ex pasutri. Semakin banyak yang merespon isi dari blog Anda, bisa dikategorikan bahwa blog Anda sudah bisa disebut disenangi dan digemari banyak orang.

Khusus pada komponen yang satu ini, Anda harus bisa mengontrol. Dalam artian mengontrol adalah Anda harus bisa membedakan antara komentar yang merespon isi artikel, promosi, dan spam. Blog Anda bisa dihitung sebagai tanda sudah disukai dan disenangi visitor adalah adanya komentar yang benar-benar komentar, bukan hanya link atau kalimat yang keluar dari isi topik artikel.

3. Bagikan atau Back Link

Selanjutnya, tanda dan ciri bahwa blog Anda disukai dan digemari pengunjung adalah adanya back link dari blog lain yang sama sekali tidak Anda kenali. Tidak hanya itu, back link saja tidak cukup. Adalagi, yaitu share (Bagikan) artikel atau tulisan yang Anda tulis diblog lalu ada blog lain me-review tentang blog Anda atau artikel Anda. Itu sudah bisa dikategorikan bahwa blog Anda sudah disenangi dan disukai banyak orang. Satu hal lagi apabila ada pengunjung yang kemudian merekomendasikan blog Anda di berbagai media sosial itu juga sebuah tanda bahwa blog Anda disukai dan digemari para netizen.

4. Avg. Session dan Bounce Rate 

Hal yang juga mencerminkan bahwa blog Anda disukai dan digemari banyak orang adalah adanya avg. session duration dan bounce rate. Apa itu avg. session duration dan bounce rate?

avg. session duration sendiri adalah banyaknya detik atau lamanya waktu dari si pengunjung untuk membuka blog Anda dalam 1 sesi kunjungan, pada sesi ini umumnya (1 sesi dihitung per 30 menit). Sedangkan Bounce Rate merupakan banyaknya presentase visitor yang membuka halaman atau pages dari blog Anda dan setelah itu pergi menutup blog Anda. Dari sini diperoleh kesimpulan bahwa semakin lama waktu dari avg. session maka akan semakin baik pula nilai blog Anda, dan sebaliknya, sedangkan bounce rate pada blog Anda semakin rendah maka akan semakin baik pula kelas nilai blog Anda, karena itu pertanda bahwa blog Anda disukai banyak visitor yang menghabiskan waktunya untuk meng-oprek-oprek isi blog tersebut.

5. Followers atau Subscriber 

Terakhir, tanda dan ciri bahwa blog Anda disukai dan digemari banyak orang adalah adanya jumlah followers (pengikut) dan subcsriber (Langganan) yang banyak. Apa itu followers? Followers adalah pengikut dari sebuah situs yang berasal dari beranekaragam media sosial, sedangkan Subscriber, adalah sebuah kotak surat atau bisa disebut dengan visitor memasukan emailnya pada feed blog tersebut. Maka secara otomatis mereka yang mengikuti dan berlangganan pada blog tersebut akan menerima pemberitahuan bahwa ada artikel atau tulisan terbaru dari blog yang digemarinya.

Baca juga: Teknik Membangun Blog, Dengan Cara Sendiri

Nah, maka dari itu subscriber ini adalah hal yang sangat penting untuk siapapun yang mempunyai blog dan ingin memanjakan dirinya dengan populer pendapatannya. Maka dari itu, buatlah konten-konten yang orisinal dan bermanfaat bagi banyak orang agar dikemudian hari visitor Anda banyak yang mendaftarkan email-nya sebagai tanda ia adalah pengikut setia blog Anda.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
6 Maret 2017 pukul 15.42 delete

Aku bolak-balik baca isi dan judul dari artikel ini. Kok gak sesuai ya? Kalau dari judul, mestinya kamu menyuguhkan alasan kenapa blog seseorang disukai. Tapi di sini, isinya lebih menunjukkan ciri-ciri blog yang disukai.

Reply
avatar
6 Maret 2017 pukul 19.45 delete

Mungkin kamu belum pake hati bacanya ya hihi , coba dilihat judulnya sekali lagi :>) , soalnya yang saya tujukan diartikel ini ciri/tanda blog disukai visitor 8-)

Reply
avatar
7 Maret 2017 pukul 11.12 delete

Thanks ia artikelnya memberikan manfaat nih, ....
salam kenal

Reply
avatar
7 Maret 2017 pukul 21.41 delete

Alhamdulillah (o) salam kenal kembali mas cheer

Reply
avatar

Apabila Kolom Komentar Tidak Muncul atau Loading, Silakan tekan F5 pada Keyboard.