5 Kata Yang Kerap Salah Tulis Dalam Membuat Konten Blog

5 Kata Yang Kerap Salah Tulis Dalam Membuat Konten Blog - Dalam sebuah konten yang ada di blog pasti terdiri dari berbagai kalimat yang tersusun dari beberapa huruf kata. Kata adalah sebuah rangkaian huruf yang memiliki makna dan artian tertentu pada bahasa dan wilayah negara tertentu. Sebuah kata yang selalu berkembang dengan era modern-nya akan menyulitkan bagi para blogger dalam menyesuaikan penulisan untuk Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Akibatnya yang terjadi jika ada kekeliuran penulisan dan dibaca oleh pengguna internet yang mengerti tata- nya, bisa saja blog tersebut akan mengalami penurunan kredibitasnya.

5 Kata Yang Kerap Salah Tulis Dalam Membuat Konten Blog

Sebuah blog yang memiliki konten dengan tata bahasa yang baik atau sesuai dengan ejaan EYD, akan semakin berkembang dalam dunia-nya dan bisa menambah kredibilitas blog tersebut. Namun sayang tidak semua blog atau website yang benar-benar membuat tulisan yang sesuai EYD, dalam artian penulisan yang baik dan benar. Salah satu penyebab terjadinya hal ini bisa saja karena pengetahuan dan wawasan yang kurang terhadap sastra.

Penggunaan bahasa yang baku dan baik sesuai EYD tidak bisa kita anggap enteng, sebab jika penulisan dalam blog sesuai EYD baik dan benar otomatis akan membuat artikel itu enak dibaca. Tentunya juga mengundang para visitor semakin tertarik untuk membaca bagian lainnya. Lalu, kata apa saja yang kerap salah tulis dalam membuat konten blog? Berikut beberapa kata tersebut.

5 Kata Yang Kerap Salah Tulis Dalam Membuat Konten Blog


1. Analisis Menjadi Analisa

Kata pertama yang kerap salah dalam penulisan seorang blogger adalah kata Analisa yang seharusnya adalah Analisis. Anilisis dalam serapan bahasa inggris menjadi Analysis. Saat masuk di tata bahasa Indonesia, dirubah akhiran yang dimana -ysis menjadi -isis. Dan jadilah sebuah kata analisis, bukan kata analisa boy! hehe. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sendiri kata analisis merupakan penyelidikan terhadap suatu peristiwa (Karangan) untuk mengetahui perkara yang sebenarnya terjadi (Sebab-musabab, duduk perkara, dan sebagainya).

Sedangkan Analisis dalam artian lain memiliki penjabaran yang berbeda yaitu pemecahan persoalan yang sudah dikaji dengan sebaik-baiknya yang diawali dengan kebenarannya. Bisa juga diartikan sebagai penguraian suatu pokok bagian dan penelahan bagian, serta hubungan yang memperoleh pemahaman dalam artian keseluruhan.

2. Sekadar Menjadi Sekedar

Kata kedua yang sering juga salah dalam menulis adalah kata Sekedar yang seharusnya adalah Sekadar. Dalam KBBI kata sekedar tidak ada dikarenakan tak ada-nya kedar. Dan kata dasar yang benar ialah kadar yang mendapatkan imbuhan se- merupakan kata yang baik dan benar sesuai EYD. Sekadar sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti yang sesuai, seimbang dan sepadan keadaan (Mungkin, keperluan, dan sebagainya).

3. Silakan Menjadi Silahkan 

Silahkan merupakan kata selanjutnya yang berkali ditulis salah oleh user blogger. Kata silahkan adalah kata yang tidak sesuai dengan EYD, yang benar ialah silakan. Mengapa begitu? Sebab kata silahkan berasal dari kata dasar silah dan itu tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sedangkan kata silakan yang dikurangi huruf "-h" berasal dari kata sila yang terdapat di dalam KBBI dan mempunyai arti kiranya sudilah (kata perintah halus).

4. Praktik Menjadi Praktek

Kata Praktek sering kali diucapkan dalam pembicaraan hari-hari manusia, namun ternyata dalam penulisan seorang blogger juga sering kali salah dalam hal ini. Kata baku yang seharusnya baik dan benar adalah praktik bukan praktek. Berdasarkan KBBI kata praktik berarti pelaksanaan secara nyata sesuai apa yang disebut teori.

Baca juga: Inilah Pengaruh Memposting Artikel [UPDATE] Pada Google & Alexa

5. Mengubah Menjadi Merubah

Kata terakhir yang sering kali salah ditulis oleh seorang blogger adalah kata merubah yang sesuai EYD-nya mengubah. Dasar dari kata me-(rubah) ini jika diterapkan kurang bagus, karena berasal dari kata hewan atau binatang. Sehingga disaat kata itu digabungkan dan disematkan di berbagai kalimat akan menjadi rancu dan kacau.

Kata yang benar dan sesuai EYD adalah kata mengubah karena pada kata ini mempunyai awal imbuhan meng- yang berarti kata dasar ubah, dan bila disematkan pas dan cocok untuk dijadikan kalimat yang baik dan benar. KBBI sendiri meng-artikan kata meng-ubah sebagai menjadikan lain dari semula, bentuk menukar (rupa, warna, dan sebagainya) juga makna kembali mengatur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Apabila Kolom Komentar Tidak Muncul atau Loading, Silakan tekan F5 pada Keyboard.